Pengaruh Product, Promotion, Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Riau Kepri Unit Layanan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.57113/his.v2i2.57Keywords:
Product, Promotion, Price dan Kepuasan PelangganAbstract
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa pada umumnya nasabah Bank Riau-Kepri Syariah menjadi nasabah Dalam hal pelayanan yang diberikan karyawan Bank Riau-Kepri Syariah baik Dumai seluruh responden menyatakan sangat setuju atau setuju bahwa pelayannya telah baik dilaksanakan. Minat masyarakat menabung di Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Dumai didominasi bahwa mereka menabung karena sangat nyaman menyimpan dana secara syariah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) data primer dari data kuesioner dan data sekunder dari dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah 100. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dan analisis dengan SPSS 21. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Product, Promotion, Price terahadap kepuasan pelanggan di Bank Riau Kepi Cabang Dumai.
Atau hasil pengolahan dan penelitian diperoleh regresi linier yaitu Y= 11,453 + 0,789 Product + 0,841 Promotion + 0,507 Price, hasil penelitian menunjukkan bahwa koenfisien determinasi memiliki R 0,392% ini berarti bahwa kontribusi Product, Promotion, Price dan kepuasan pelanggan adalah 39,2% dan hanya 59,0% dipengaruhi oleh aktor lainnya diluar product, promotion, price. Secara persial berdasarkan hasil uji t variabel Product (X1) sebesar 0,789 bernilai positif, dengan nilai signifikan sebesar 0,024 < 0,005 berarti variabel Product memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kofensien variabel promotion sebesar 0,789 dan bernilai positif, dengan nilai signifikan 0,009 < 0,005 berarti variabel Promotion memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien variabel Price (X3) sebesar 0,507 dan bernilai positif, dengan nilai signifikan sebesar 0,022 < 0,005 berarti variabel Price memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.