Optimalisasi Kepuasan Pelanggan Mie Kuning Gajah Mada Melalui Brand Image dan Sertifikasi Halal
DOI:
https://doi.org/10.57113/his.v4i2.387Keywords:
Brand Image, Product Halal, Customer SatisfactionAbstract
Kepuasan pelanggan merupakan respon pelanggan terhadap evaluasi persepsi atas perbedaan antara harapan awal sebelum pembelian dan kinerja aktual produk sebagaimana dipersepsikan setelah memakai atau mengonsumsi produk yang bersangkutan. Kepuasan pelanggan bukanlah konsep absolut, melainkan relatif atau tergantung pada apa yang diharapkan oleh pelanggan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh brand image terhadap kepuasan pelanggan di Mie Kuning Gajah Mada Kota Dumai; 2) Pengaruh kehalalan produk terhadap kepuasan pelanggan di Mie Kuning Gajah Mada Kota Dumai; 3) Pengaruh brand image dan kehalalan produk terhadap kepuasan pelanggan di Mie Kuning Gajah Mada Kota Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap di UMKM Mie Kuning Gajah Mada Kota Dumai yang berjumlah 98 orang dengan teknik sampling aksidental atau accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 98 pelanggan. Data dianalisis menggunakan analisis data infrensial, dengan bantuan software SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak brand image dan kehalalan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Mie Kuning Gajah Mada Kota Dumai dengan presentase sebesar 32,6% dan sisanya 67,4% dipengaruhi oleh variabel lain.