Reorientasi Pencapaian Nilai Taqwa di Perguruan Tinggi Sebagai Implementasi UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Abstract
Fungsi pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menegaskan bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk insan beriman dan bertaqwa. Namun, realisasi nilai taqwa dalam pendidikan tinggi belum sepenuhnya tercapai. Penelitian ini bertujuan merumuskan langkah strategis untuk mengintegrasikan nilai-nilai taqwa ke dalam sistem pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Data yang dihimpun dianalisis secara argumentatif untuk menemukan pemaknaan taqwa sebagaimana difahami oleh para ulama kompeten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tinggi perlu merumuskan langkah-langkah sistematis, mulai dari penyusunan profil lulusan berbasis taqwa, integrasi nilai-nilai aqidah, ibadah, dan akhlak dalam capaian pembelajaran mata kuliah, hingga desain instrumen evaluasi yang mencerminkan nilai spiritual. Penelitian ini juga menekankan bahwa pencapaian taqwa yang hakiki harus dimulai dengan penguasaan ilmu fardhu ‘ain dan fardhu kifayah secara seimbang. Temuan ini diharapkan menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan tinggi berbasis nilai spiritual Islam.
Copyright (c) 2025 Edison, Dian Dwi OkPutra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.