Motivasi Kerja Dan Kompetensi Sosial Sebagai Determinan Kinerja Guru Di SMA Negeri 4 Dumai

  • Dila Shofia Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Robiyatul Adawiyah Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
Keywords: Motivasi kerja, Kompetensi sosial, Kinerja guru, Pendidikan Menegah, Pengembangan Profesional Guru.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi peningkatan kualitas pendidikan yang bergantung pada performa guru sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran. Motivasi kerja dan kompetensi sosial dipandang sebagai dua faktor krusial yang dapat memengaruhi kinerja guru secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan kompetensi sosial terhadap kinerja guru di SMA Negeri 4 Dumai.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 34 guru, dan data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan kompetensi sosial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan motivasi kerja menunjukkan pengaruh yang lebih dominan. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi internal dan kemampuan interaksi sosial guru dapat secara substansial memperkuat kinerja mereka di lingkungan sekolah. Kesimpulannya, kedua variabel tersebut memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan profesional guru. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya kebijakan pengembangan guru yang lebih terfokus pada penguatan aspek motivasional dan kompetensi interpersonal guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat sekolah menengah

Published
2025-02-23