Periodesasi Proses Pendidikan dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v3i2.288Keywords:
Priodesasi, proses pendidikan, islamAbstract
Manusia dituntut untuk menjadi hamba Allah yang paripurna. Untuk melahirkan hamba Allah yang komprehensif itu, tidak mungkin terlaksana dalam waktu singkat, dalam artian tidak mungkin dilahirkan lewat satu periode pendidikan saja, tanpa diiringi dan dilatarbelakangi oleh periode pendidikan yang lain. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui priodesasi perkembanganpendidikan Islam yang melahirkan kajian tentang proses pendidikan pada masa prakonsepsi, masa pranatal,masa bayi, masa kanak-kanak, masa anak-anak, masa remaja dan masa dewasa. Relevansi semua bentuk perkembangan manusia untuk mewujudkan tuntutan tersebut sudah selayaknya pendidikan itu dijalankan secara komprehensif. Setiap periode dalam rentang kehidupan ditandai oleh gejala perkembangan tertentu yang membedakannya dari periode-periode yang mendahuluinya atau yang mengikutinya. Pada dasarnya, pertumbuhan dan perkembangan anak memperlihatkan berbagai variasi, baik biologis maupun psikis, dimana perbedaan perkembangan ini diperoleh melalui pengalaman orang tua pada saat menghadapi anak mereka masing-masing dan pada saat menata kehidupan anaknya.