Pendekatan Kontemporer Hrm Dalam Mendukung Perencanaan Dan Pengembangan Karir Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Era Digital

  • Maylavaizza UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sabrina Aliyah R UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti NurHaliza UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Virna Maulidiya A UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Marwa Tri Handayani UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pendekatan Kontemporer, Pengembangan Karir, Pendidik dan tenaga Kependidikan

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, memudahkan akses sumber daya pembelajaran dan menciptakan pengalaman belajar yang interaktif. Artikel ini membahas peran Manajemen Sumber Daya Manusia (HRM) dalam perencanaan dan pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan di era digital melalui pendekatan kontemporer.  HRM yang efektif dapat meningkatkan kepuasan dan produktivitas pendidik dan tenaga kependidikan, dengan teknologi menyediakan pendekatan fleksibel seperti e-learning dan platform bimbingan. Namun, tantangan seperti kesenjagan keterampilan digital perlu diatasi melalui investasi dalam pelatihan dan kebijakan inklusi. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metode studi pustaka, yakni metode pengumpulan data yang bersumber dari buku, jurnal, artikel, media massa dan literatur lainnya untuk mengidentifikasi masalah dan mencari informasi yang relevan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dan pengembangan berkelanjutan adalah kunci untuk memenuhi tuntutan zaman, meningkatkan efisiensi HRM, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif.

Published
2025-03-13
How to Cite
Maylavaizza, Aliyah R , S., NurHaliza , S., Maulidiya A , V., & Handayani , M. T. (2025). Pendekatan Kontemporer Hrm Dalam Mendukung Perencanaan Dan Pengembangan Karir Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Era Digital. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 5(1), 51-65. https://doi.org/10.57113/wib.v5i1.321
Section
Articles