Evaluasi Pendekatan Diferensiasi Dalam Perencanaan Pendidikan Islam: Mempertimbangkan Keragaman Siswa Di Mts Thawalib Daruh Huda Rao-Rao

  • Dodo Candra Mayzal UIN mahmud Yunus batusangkar
  • Riefli Fatmi UIN mahmud Yunus batusangkar
  • Asmendri UIN mahmud Yunus batusangkar
  • Mylia Sari universitas islam negeri imam bonjol padang
Keywords: Diferensiasi, Perencanaan Pendidikan, Keragaman Siswa

Abstract

Keanekaragaman siswa dalam hal kebutuhan, gaya belajar, dan potensi merupakan salah satu tantangan dalam dunia pendidikan, khususnya di lembaga pendidikan Islam seperti MTs Thawalib Daruh Huda Rao-Rao. Untuk menjawab tantangan ini, pendekatan diferensiasi dalam perencanaan pendidikan diterapkan guna memastikan setiap siswa mendapatkan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendekatan diferensiasi, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya, serta menganalisis efektivitas pendekatan ini dalam memenuhi kebutuhan keragaman siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa pendekatan diferensiasi memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Namun, pelaksanaan pendekatan ini masih menghadapi beberapa hambatan, termasuk keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru dalam mengelola kelas yang beragam. 

Published
2025-03-13
How to Cite
Mayzal, D. C., Fatmi , R., Asmendri, & Sari , M. (2025). Evaluasi Pendekatan Diferensiasi Dalam Perencanaan Pendidikan Islam: Mempertimbangkan Keragaman Siswa Di Mts Thawalib Daruh Huda Rao-Rao. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 5(1), 39-50. https://doi.org/10.57113/wib.v5i1.320
Section
Articles