Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK PGRI 2 Pasuruan
Abstract
Penelitian ini didasari oleh sebuah peristiwa yang sering kita jumpai di bidang pendidikan yakni mengenai beberapa siswa dinilai kurang termotivasi ketika menyimak pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas. Dari sisi lain guru mengaharapkan peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Mempelajari bagaimana cara guru memanajemen pembelajaran untuk memupuk motivasi belajar siswa merupakan tujuan dari penelitian ini. Yang berfokus pada perancangaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitataif, yakni kualitatif deskriptif. Di mana wawancara, observarsi, serta dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Dari hasil penelitian didapatkan hasil kegiatan keagamaan seperti istighosah, dan literasi Al-Qur'an juga membantu meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pendidikan