Peran Kepemimpinan Kologial Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di Sma Negeri 4 Pasuruan

  • Siti Halimah Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Dyah Ayu Samahita Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Mariyatul Akhadiyah Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Nur Alfiyah Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Rani Nurul Mardiyah Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
Keywords: Kepemimpinan Kolegial, Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter

Abstract

Kepemimpinan kolegial memiliki peran penting dalam mendukung penguatan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinan kolegial sebagai strategi pengembangan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kolegial mampu mendorong kolaborasi efektif antara kepala sekolah, guru, dan staf, yang dapat berdampak pada penguatan nilai-nilai karakter siswa seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerjasama. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan kepemimpinan kolegial yang efektif tidak hanya berkontribusi pada pengembangan karakter siswa, tetapi juga pada peningkatan kinerja sekolah secara keseluruhan. Sebagai saran, kepala sekolah diharapkan terus meningkatkan keterampilan kepemimpinan kolegial dan memperkuat komunikasi serta koordinasi antar elemen sekolah untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan karakter.

Published
2025-03-13
How to Cite
Halimah, S., Samahita, D. A., Akhadiyah, M., Alfiyah, N., & Mardiyah, R. N. (2025). Peran Kepemimpinan Kologial Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di Sma Negeri 4 Pasuruan. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 5(1), 51-65. https://doi.org/10.57113/wib.v5i1.318
Section
Articles