Tahap Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sdit An-Nadzir Payakumbuh
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tahapan Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pancasila di Satuan Pendidikan Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah koordinator P5, tim fasilitator P5, dan kepala sekolah. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SDIT AN-NADZIR Payakumbuh telah menerapkan program projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan dimulai dari perencanaan. Dalam perencanaannya melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:: 1. Membentuk coordinator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu guru kelas 6. 2) tim fasilitator terdiri dari guru kelas 1 dan guru kelas IV; 3) satuan pendidkan yaitu SDIT AN-NADZIR Payakumbuh hanya sampai pada tahap awal; 4) menentukan dimensi dan tema P5 ini; 5) merancangan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila; 6) menyusun rubrik pencapaian yang berisikan capaian kegiatan. Adapun Pelaksanaan Projek penguatan profil pelajara pancasila di SDIT AN-NADZIR Payakumbuh melibatkan penerapan pembelajaran intra kurikulerdan ko-kurikuler