Tahap Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sdit An-Nadzir Payakumbuh

  • Musni Faisal UPTD SDN 03 Andaleh Kec.Luak Kab. 50 Kota
  • Hidayatush Shadri SDIT AN-NADZIR Payakumbuh, Indonesia
  • Asmendri Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Milya Sari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Keywords: Projek 1, SDIT 2, Profil Pelajar Pancasila 3

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tahapan Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pancasila di Satuan Pendidikan Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan  deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah koordinator P5, tim fasilitator P5, dan kepala sekolah. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian  yang dilakukan di SDIT AN-NADZIR Payakumbuh telah menerapkan program projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan dimulai dari perencanaan. Dalam perencanaannya melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:: 1. Membentuk coordinator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu guru kelas 6. 2) tim fasilitator terdiri dari guru kelas 1 dan guru kelas IV; 3) satuan pendidkan yaitu SDIT AN-NADZIR Payakumbuh hanya sampai pada tahap awal; 4) menentukan dimensi dan tema P5 ini; 5) merancangan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila; 6) menyusun rubrik pencapaian yang berisikan capaian kegiatan. Adapun Pelaksanaan  Projek penguatan profil pelajara pancasila di SDIT AN-NADZIR Payakumbuh melibatkan  penerapan pembelajaran intra kurikulerdan ko-kurikuler

Published
2025-03-13
How to Cite
Faisal, M., Shadri, H., Asmendri, & Sari, M. (2025). Tahap Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sdit An-Nadzir Payakumbuh. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 5(1), 98-114. https://doi.org/10.57113/wib.v5i1.317
Section
Articles