Implementasi Instrumen Tes Berbasis Soal Objektiif Dalam Evaluasi Pembelajaran PAI Pada SMPIT Al-Hasan Madani Riau
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penjelasan dan analisis penggunaan alat tes objektif yang menjawab semua soal singkat, dimana siswa diharapkan memilih dari beberapa pilihan yang telah disetujui oleh guru. Setiap sekolah mempunyai metode yang berbeda-beda dalam melakukan tes objektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan instrumen tes berdasarkan topik objektif dalam evaluasi proses pendidikan Islam di sekolah kelas satu. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai keefektifan tes objektif pada jenis ganda. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan penelitian kepada guru pendidikan agama Islam dan guru kurikulum di SMPIT Al-Hasan Madani Riau Kecamatan Pinggir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa di SMPIT Al-Hasan Madani Riau, penelitian tes dilakukan dengan menggunakan soal.