Telaah Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Anak Dalam Islam Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v5i2.404Keywords:
Ulwan, Pendidikan, Anak, era digitalAbstract
Era digital ketika tidak digunakan dalam hal positif maka malahirkan post-truth. Hal ini bisa dilihat dengan maraknya Hoax dimana berita yang disampaikan tidak benar. Disisi lain, penggunaan media sosial yang tidak tepat maka akan berdampak pada perilaku anak yang amoral. Dengan demikian problematika yang dihadapi oleh anak di Era Digital begitu komprehensif. Problematika tersebut hanya bisa dilakukan dengan melalui pendidikan. Salah satu pemikir Islam yang getol dalam membahas anak secara komprehensif adalah Abdullâh Nâshih Ulwân. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mendapatkan penjelasan pendidikan anak di Era Digital. Metode Penelitian yang dikembangkan ialah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari berbagai sumber baik buku maupun jurnal, artikel ilmiah ataupun literature riview. Hasil Penelitian ini ialah pendidikan anak di era digital merupakan tanggung jawab yang dibebankan oleh pendidik baik ibu bapak maupun guru yang bertanggungjawab atas pendidikan anak dan atas pembentukan serta persiapan anak menghadapi kehidupan yang meliputi tanggungjawab pendidikan iman, akhlak, fisik, rasio, kejiwaan, sosial dan seksual sehingga mereka mampu menegakkan tanggung jawabnya dengan sempurna dan penuh makna.