Adab Menuntut Ilmu Analisis Terhadap Materi Pembelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v5i2.384Keywords:
Adab, Peserta Didik, Pembelajaran Qur’an HadisAbstract
Dalam kajian Adab Menuntut Ilmu, kita mengeksplorasi tentang etika yang diperlukan dalam menuntut ilmu berdasarkan al-Quran. Etika ini membantu manusia untuk beradab dan berilmu secara seimbang. Beranjak dari hal tersebut maka dalam penelitian ini penulis ingin menganalisis materi adab dalam menuntut ilmu dalam pembelajaran al-quran Hadist di madrasah aliyah. Adapun metode penelitian yang di gunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan konten analisis, sumber utama nya ialah buku al-qur’an hadist yang di terbitkan kementrian agama republik Indonesia. Setelah melakukan analisis yang mendalam dapat penulis temukan struktur dari materi al-quran hadist di madrasah aliyah terkait adab menuntut ilmu terdiri dari tiga sub tema. Ketiga subtema tersebut yakni Memahami isi kandungan ayat al-Quran tentang adab menuntut ilmu, Memahami isi kandungan hadist tentang adab menuntut ilmu, Mengetahui perilaku orang yang memahami adab menuntut ilmu. Kedepannya penulis berharap penelitian ini membawa dampak yang positif nya yaitu untuk mengungkap tentang konsep ilmu dan adab menuntut ilmu, terutama di madrasah sebagai lembaga pendidikan formal dengan ciri khas menanamkan nilai-nilai islam kepada peserta didik.
References
Abnisa, A. P. (2022). Adab Murid Terhadap Guru Dalam Perspektif Hadits. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 92–103. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.261
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://www.academia.edu/download/81413125/DesainPenelitianContentAnalysis_revisedJumalAhmad.pdf
Akrom, S. (2023). Adab Menuntut Ilmu Dalam Kitab Tanbih Al-Muta’allim Karya K.H. Ahmad Maisur Sindi At-Tursidi. Repository UIN Saizu Purwoketo, 1–74.
Eldes, I. (2015). Ilmu Dan Hakekat Ilmu Pengetahuan Dalam Nilai Agama. Al-Hikmah, 9(2), 159–179. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i2.322
Hanafi. (2017). Urgensi pendidikan adab dalam islam. Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), 59–78.
Harahap, R. M. (2021). Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Tinggi Dalam Pandangan Pendidikan Islam. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan, 06(1), 45–62.
Kadir, A. (2020). Konsep Adab Menuntut Ilmu Dan Mengajarkannya. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 3(02), 23–44. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v3i02.86
Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028
Nuruddaroini, M. A. S., & Zubaidillah, M. H. (2022). Adab Murid Kepada Guru Perspektif Alquran (Telaah Tafsir Maudhu’i). Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an dan Hadits, 1(1), 59. https://doi.org/10.35931/am.v1i1.1047
Rahman, S. A., Basir, A., & Fuady, M. N. (2024). Adab Belajar dan Mengajar Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Telaah Konsep Pemikiran Imam Nawawi). Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an dan Hadits, 2(2), 96. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.3236
Rika, Fahrudin, & Sumarna, E. (2020). Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 23–36.
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201