Integrasi Keilmuan Ilmu-Ilmu Sosial Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips)
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v2i1.273Kata Kunci:
Integrasi, pendidikan islam, ilmu pengetahuan sosialAbstrak
Pendidikan Islam di Indonesia bisa dikatakan masih bersifat dikotomi. Dimana materi pelajaran yang bersifat umum dipisahkan dengan materi keagamaan. Hal ini tidak selaras dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang berfungsi sebagai Khâlifah. Sifat dikotomi tersebut dapat dihilangkan cara mengintegrasikannya seperti mengintegrasikan ilmu-ilmu sosial dengan Islam. Kemudian mucul persoalan, bagaimana cara melakukan integrasi Ilmu-ilmu sosial dan Islam. Pengintegrasian antara ilmu-llmu sosial dengan Islam ternyata sudah diterapkan diberbagai sekolah berbasis Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang rancangan, langkah-langkah serta implementasi yang dilakukan guru dalam mengintegrasikan mata pelajaran rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (Sejarah, Ekonomi, Akuntansi, Sosiologi, Antropologi) dan Islam. Metode Penelitian yang dikembangkan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari berbagai sumber baik buku maupun,jurnal, artikel ilmiah ataupun literatur review. Hasil Penelitian ini adalah berupa rancangan langkah- langkah dan Implementasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran rumpun IPS dalam proses pembelajaran terintegrasi dengan Islam.