Pengaruh E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v2i1.269Kata Kunci:
E-commerce, business, Indonesia, revolution 4.0Abstrak
Adanya revolusi industry 4.0 memberikan banyak manfaat dan perubahan pada tatanan kehidupan dan perekonomian masyarakat, diantaranya yaitu meningkatkan kecepatan fleksibilitas produksi, peningkatan layanan kepada pelanggan dan peningkatan pendapatan. Salah satu bentuk Perkembangan teknologi informasi dengan media dan telekomunikasi adalah e-commerce, e- Commerce adalah suatu proses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, service, dan informasi secara elektronik. Perkembangan teknologi tersebut menciptakan perubahan pada perekonomian dunia salah satunya Indonesia, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-Commerce terhadap perkembangan usaha di Indonesi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan deskriptif, data diperoleh dengan menelaah literature yang terkait, kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce memberikan peluang yang cukup besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, hal ini memberikan kemudahan pada masyarakat untuk membuka usaha, namun peluang tersebut juga memberikan tantangan bagi masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan SDM yang kompeten dalam menguasi teknologi digital