Pengaruh Kualitas Pengajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 2 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v2i1.268Kata Kunci:
Kualitas pengajaran, guru, hasil belajarAbstrak
Guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting disamping komponen lainnya, seperti tujuan, kurikulum, metode, sarana dan prasarana, lingkungan dan evaluasi. Kualitas pengajaran guru juga merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran karna jika kualitas pengajaran guru yang baik maka hasil belajar siswa juga akan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pengajaran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 2 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitati, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui angket kepada 187 siswa sebagai sampel dari populasi 602 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, dengan menggunakan SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Dumai, berpengaruh sebesar 26,2% dan sebesar 73,8% dipengaruhi oleh faktor lain