Komunikasi Branding Ekowisata Pantai Ketapang Pulau Rupat Antara Potensi, Pelestarian Lingkungan dan Mendunia

Penulis

  • Dawami Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Ahmad Rozai Akbar Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin dumai
  • Kasnan Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtf.v2i1.266

Kata Kunci:

Komunikasi branding, ekowisata, pantai ketapang, pulau rupat

Abstrak

Pulau Rupat adalah pulau terluar dan berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia serta memiliki arti strategis bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pesona keindahan pantai pasir putihnya sangat berpotensi dikemas sebagai objek wisata bahari dalam konsep ekowisata nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi branding ekowisata pada salah satu pantai di Pulau Rupat yaitu Pantai Ketapang, Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Metode digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dalam bentuk studi kasus dengan data dikumpulkan langsung melalui observasi, wawancara. Hasilnya didapat bahwa melalui kelompok sadar wisata, karang taruna, pemerintah desa didukung pemerintah kabupaten serta pemerintah provinsi maka secara nyata sudah dilakukan upaya membranding ekowisata di Pantai Ketapang. Tinggal lagi menjaga semangat dan kontiniuitas dan sinergi dalam terus melakukan pengembangan dan membangun imeg baik serta branding tepat dengan tetap ramah lingkungan sehingga kehijauan, keasrian dan kenyaman tetap nomor satu

Diterbitkan

2023-02-02

Terbitan

Bagian

Articles