PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 003 BANGSAL ACEH KOTA DUMAI

Penulis

  • suhardianto Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.206

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa, dan untuk mengetahui pengaruh Gaya Belajar Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SDN 003 Bangsal Aceh Kota Dumai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 79 orang. Pengumpulan data dilakukan dilakukan melalui angket dan nilai raport siswa. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Setelah data dianalisa maka ditemukan bahwa tingkat Gaya Belaja di SDN 003 Bangsal Aceh Kota Dumai dikategorikan sedang dengan skor rata-rata sebesar 80,42, sedangkan Keterampilan Mengajar Guru di SDN 003 Bangsal Aceh Kota Dumai dikategorikan Tinggi dengan skor rata-rata sebesar 85,41, dan Hasil Belajar Siswa Di SDN 003 Bangsal Aceh Kota Dumai dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 74,58. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 003 Bangsal Aceh Kota Dumai. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 003 Bangsal Aceh Kota Dumai. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar dan Keterampilan Mengajar guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 003 Bangsal Aceh Kota Dumai.

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles