PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 TAMBUSAI UTARA ROKAN HULU

Penulis

  • siti jubaida Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.203

Kata Kunci:

Pola Asuh Orang Tua, Keteladanan Guru, Kedisiplinan Peserta Didik

Abstrak

 

Pola  asuh  orang  tua  adalah  pola  pengasuhan  orang  tua   terhadap   anak,   yaitu   bagaimana   orang   tua   memperlakukan   anak, mendidik,  membimbing  dan  mendisiplinkan  serta  melindungi  anak  dalam mencapai proses kedewasaan sampai dengan membentuk perilaku anak sesuai dengan norma dan nilai yang baik dan sesuai dengan kehidupan masyarakat. Faktor lain yang berperan penting dalam kedisiplinan peserta didik yaitu keteladanan guru. Sebagai seorang yang digugu dan ditiru, sudah sepatutnya seorang pendidik atau guru memiliki sifat,  sikap,  dan perilaku yang baik terutama di dalam lingkup pendidikan atau dalam bermasyarakat. Karena guru adalah suri tauladan yang dijadikan panutan serta contoh oleh peserta didiknya. Keteladanan tersebut dimaksudkan untuk menanamkan karakter disiplin pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik, Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik, dan untuk mengetahui Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMK Negeri 2 Tambusai Utara Rokan Hulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas X dan XI, yang terdiri dari jurusan ATPH, TKJ dan TBSM yang berjumlah 240 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda.

Hasil penelitian ini secara serentar adalah sebesar 62% dan sisanya 38% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan oleh penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel memiliki hubungan yang positif dan signifikan, artinya semakin tinggi pengaruh pola asuh orang tua dan keteladanan guru terhadap keisiplinan peserta didik maka akan semakin tinggi puls kedisiplinan peserta didik.

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles