PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 03 TANAH PUTIH ROKAN HILIR
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.199Kata Kunci:
Classroom Management, Teacher Pedagogical Competence, Learning AchievementAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar di SMKN 03 Tanah Putih Rokan Hilir, 2. Pengaruh kompetensi pedagogik guru di SMKN 03 Tanah Putih Rokan Hilir, 3. Pengaruh pengelolaan kelas dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar di SMKN 03 Tanah Putih Rokan Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMKN 03 Tanah Putih Rokan Hilir. Sample pada penelitian ini adalah 42 siswa kelas X dan IX jurusan Akuntasi di SMKN 03 Tanah Putih Rokan Hilir berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, dokumentasi, observasi . Pengujian prasayarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik analisi regresi dan korelasi product moment (person). Hasil penelitian ini adalah : 1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar, 2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogic guru terhadap prestasi belajar siswa, 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa.