PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA LANCANG KUNING DUMAI TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.197Kata Kunci:
Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil BelajarAbstrak
Minat belajar besar pengaruh nya terhadap belajar karena jika bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya. Kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik apabila anak memiliki minat belajar yang tinggi. Siswa yang tidak memiliki minat belajar akan merasa malas dan tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitin ini menggunakan penelitian kuantitatif, uji coba instrumen penelitian bertempat di SMA Lancang Kuning. Populasi pada penelitian ini sebagian siswa di SMA Lancang Kuning yang berjumlah 39 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui angket. Berdasarkan analis regresi R = 0,089 dengan koefisian determinansi atau R Square = 0,008 dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada penilitian ini sebesar 0,8% dan 99,2% berpengaruh dengan faktor lain yaitu bimbingan guru, metode belajar, lingkungan keluarga selain komunikasi guru dan teman sebaya dan diperoleh regresi Y = 6,691 + 0,686 (X1) + 0, 430 (X2). Maka benarlah teori yang menyatakan semakin baik minat belajar siswa maka semakin baiklah hasil belajar siswa dan semakin bagus kebiasaan belajar, maka hasil belajar juga berpengaruh.