PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AL-IMAM ABI YAZID AL-BASTHOMIY
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.195Kata Kunci:
Komuniksi Guru, Teman Sebaya, Hasil BelajarAbstrak
Komunikasi guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting. Guru yang kurang mampu berkumunikasi dengan baik pada saat menyampaikan materi pembelajaran, maka berdampak sulitnya siswa dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru. Dan selain komunikasi, faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar akidah akhlak adalah teman saya.
Penelitin ini menggunakan penelitian kuantitatif, uji coba instrumen penelitian bertempat di MTs Al Imam Abi Yazid Al Basthomiy. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa di MTs Al Imam Abi Yazid Al Basthomiy yang berjumlah 150 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui angket.
Berdasarkan analis regresi R = 0,753 dengan koefisian determinansi atau R Square = 0,567 dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh komunikasi guru dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pada penilitian ini sebesar 56,7 % dan 43,3% berpengaruh dengan faktor lain yaitu bimbingan guru, media pembelajaran, metode belajar, lingkungan sosial, lingkungan keluarga selain komunikasi guru dan teman sebaya dan diperoleh regresi Y = 10,919 + 0,606 (X1) + 0, 341 (X2) = 11,866. Maka benarlah teori yang menyatakan semakin baik komunikasi guru maka semakin baiklah hasil belajar siswa dan semakin bagus pengaruh teman sebaya, maka hasil belajar juga berpengaruh.