PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KEDISPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD IT AQILA ZAHRA DUMAI

Penulis

  • misnatang Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.194

Kata Kunci:

Keterampilan mengajar, kedisplinan, motivasi belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh keteramilan mengajar dan kedisplinan terhadap motivasi belajar siswa di SD IT AQILA ZAHRA Dumai. (2) pengaruh kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Munawwarah Dumai. (3) pengaruh keterampilan dan kedisplina secara bersama- sama terhadap motivasi belajar siswa di SD IT aqila Zahra Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SD IT AQILA ZAHRA Dumai. Sampel pada penelitian iniĀ  berjumlah 75 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person). hasil penelitian adalah : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan mengajar terhadap motivasi belajar dengan presentase sebesar 29,6% dan sisanya 70,4% dipengaruhi oleh faktor lain selain keterampilan mengajar. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisplinan terhadap motivasi belajar siswa dengan presentase sebesar 34,2% dan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh faktor lain selain kdispilanan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan mengajar dan kedisplinan secara bersama- sama terhadap motivasi belajar siswa dengan presentase sebesar 37,9% dan sisanya 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles