PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DAN DAYA SERAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK N 2 DUMAI TAHUN AJARAN 2019 /2020
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.190Kata Kunci:
Application of Inquiry Learning Model, Absorption, Learning OutcomesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1 ) Pengaruh penerapan model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar di SMKN 2 Dumai ( 2 ) Pengaruh daya serap siswa terhadap hasil belajar di SMKN 2 Dumai ( 3 ) Pengaruh penerapan model pembelajaran inquiri dan daya serap siswa secara serentak terhadap hasil belajar di SMKN 2 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMKN 2 Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sebelas yang terdiri dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Elektronika Industri dan Teknik Bisnis Sepeda Motor yang berjumlah 133 orang. Pengumpulan Data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: ( 1 ) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar di SMKN 2 Dumai. ( 2 ) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan daya serap siswa terhadap hasil belajar di SMKN 2 Dumai. ( 3 ) Terdapat Pengaruh yang positf dan signifikan penerapan model pembelajaran inquri dan daya serap siswa secara serentak terhadap hasil belajar di SMKN 2 Dumai.