PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MA YAPMI DUMAI

Penulis

  • faisal firdaus Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.189

Kata Kunci:

Social Environment, Student Discipline, and Student Learning Outcome

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan pergaulan terhadap hasil belajar siswa di MA YAPMI Dumai; 2) Pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa di MA YAPMI Dumai; 3) Pengaruh lingkungan pergaulan dan disiplin siswa secara serentak terhadap hasil belajar siswa di MA YAPMI Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MA YAPMI Dumai dengan jumlah 43 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Suharsimi sehingga jumlah sampel adalah 43 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 43 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pergaulan, disiplin siswa secara bersama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara parsial, lingkungan pergaulan memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Begitu juga dengan disiplin siswa yang memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles