PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN KREATIFITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP BUDI DHARMA DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.183Kata Kunci:
Media Pembelajran Visual, Kreatifits Guru, Hasil Belajar PAIAbstrak
Pengaruh Media Pembelajaran Visual dan Kreatifitas Guru Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Budi Dharma Dumai Di Bimbing Oleh H.M Rizal Akbar, S.Si, M.Phil, dan Windayani M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa media pembelajaran visual dalam belajar dan kreatifitas guru dapat mempengaruhi hasil belajar PAI siswa. Penggunaan media pembelajaran visual dan kreatifitas guru itu sangat penting. Sehingga media pembelajaran visual dan kreatifitas guru saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh media pembelajaran visual dan kreatifitas guru terhadap hasil belajar PAI siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 81 siswa kelas VIII dan data sekunder yaitu nilai hasil belajar PAI yang diperoleh dari dokumen guru pelajaran PAI kelas VIII dengan menggunakan analisis sederhana dan berganda, dengan menggunakan Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keaktifan dan minat baca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP Budi Dharma Dumai 78,4% terhadap hasil belajar PAI siswa, dan 21,6% dipengaruhi variabel lain diluar media pembelajaran visual dan kreatifitas guru yang memberikan kontribusi terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP Budi Dharma Dumai.