PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 2 RUPAT KABUPATEN BENGKALIS
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.178Kata Kunci:
kompetensi kepribadian, gaya mengajar guru, hasil belajar PAIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena bahwa kompetensi kepribadian dalam hasil belajar dan gaya mengajar guru dalam prestasi belajar siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa. Menumbuhkan kompetensi kepribadian dan gaya mengajar guru itu sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kompetensi kepribadian dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 54 siswa kelas VIII dan data sekunder yaitu nilai hasil belajar PAI yang diperoleh dari dokumen guru mata pelajaran PAI kelas VIII dengan menggunakan analisis sederhana dan berganda, dengan menggunakan Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kompetensi kepribadian dan gaya mengajar guru memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 75,2% terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP N 2 Rupat dan 25,8% dipengaruhi variabel lain selain kompetensi kepribadian dan gaya mengajar guru yang memberikan kontribusi terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP N 2 Rupat.