Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Mudharabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Dumai

Penulis

  • M. Mudavi Al-Haqqi Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/his.v2i2.56

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Produk mudharobah, Keputusan Nasabah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan produk mudharobah terhadap keputusan nasabah menabung dalam Bank Syariah (BSI) KC Kota Dumai, Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan ( Field Research), dengan menggunakan data Metode pendekatan Kuantitatif. Data yang di gunakan adalah Data primer dan data skunder, Populasi  dalam penelitian ini adalah 286  orang. Penentuan sampel di lakukan dengan nonprobability sampling dengan teknik sample sampling insedential, yaitu sample di ambil berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat di gunakan sebagai sample, bila di pandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai data,  besarnya sampel sebanyak 116 konsumen. Metode analisis data dengan menggunakan bantuan software SPSS 21 dan 24 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa produk mudharobah. (X1) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. (X2) Berpengaruh terhadap produk mudharobah.(Y) dalam menabung Bank Syariah Indonesia (BSI) Kc Kota Dumai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan produk mudharobah terhadap keputusan menabung di bank syariah indonesia (BSI) Kc Kota dumai secara bersama  sama memberikan pengaruh positif  dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan produk mudharobah sebesar 0,5%. Secara parsial. Kualitas pelayanan dan produk mudharobah memberikan konstribusi positif dan signifikan terhadap nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kc Kota Dumai.

Diterbitkan

2021-09-01