Pengaruh Pemahaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syari’ah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.57113/his.v3i1.216Keywords:
Pemahaman produk, kualitas pelayanan, minat masyarakat menabungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman produk dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia Kota Dumai. Apalagi sebagai penduduk muslim terbesar di dunia maka Indonesia memiliki potensi untuk menjadi terdepan dalam imdustri keuangan syariah. Bank Syariah memainkan peranan penting fasilitator pada seluruh aktivitas ekonomi dalam eko sistem industri halal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.000 orang sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan teknik sample sampling insidental yaitu sample diambil berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Metode analisis data dengan menggunakan bantuan software SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman produk (X1) berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung (Y) . Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung (Y). Dan ada pengaruh pemahaman produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syari’ah Indonesia Kota Dumai