Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 19 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v3i1.278Keywords:
Supervisi akademik, kompetensi kepribadian, kinerja guruAbstract
Kinerja seorang pendidik dapat dilihat dan dinilai sebagai dampak dan stimulus respon terhadap perilaku yang telah dilaksanakan dalam menjalankan tugasnya, apabila kinerja seorang pendidik sebagai guru belum sesuai dengan standart kompetensi kepribadian maka diperlukan adanya supervisi oleh kepala sekolah sebagai supervisor serta pemangku jabatan tertinggi dalam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh supervisi akademik dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru SMPN 19 Dumai. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bersifat koresional dengan mengumpulkan semua data yang berkaitan, meski ada beberapa data kualitatif sebagai faktor pendukung kevalidan data lainnya seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer yang didapatkan secara langsung dari penyebaran kuisioner terhadap 16 responden. Sedangkan analisa yang dipakai menggunakan Analisis Deskriptif serta Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan Sofware SPSS 21.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara serentak supervisi akademik kepala sekolah dan Kompetensi Kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja guru SMPN 19 Dumai, dengan kontribusi sebesar 98%. Artinya kontribusi ini cukup besar