Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsN 1 Kota Dumai

Penulis

  • Sakinah Tun Nisa Harahap Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/wib.v1i1.70

Kata Kunci:

Kreativitas Guru Mengajar, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kreativitas guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai (2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai (3) Pengaruh kreativitas guru mengajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara serentak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument bertempat di MTsN 1 Kota Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan (VIII) yang terdiri dari kelas (VIII.1-VIII.8) yang berjumlah 160 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru mengajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara serentak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 1 Kota Dumai.

 

Diterbitkan

2021-09-22

Cara Mengutip

Sakinah Tun Nisa Harahap. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsN 1 Kota Dumai. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan , 1(1), 24–34. https://doi.org/10.57113/wib.v1i1.70