Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di Sma Budi Darma Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v3i1.277Kata Kunci:
Kompetensi kepribadian, kompetensi social, prilaku socialAbstrak
Prilaku sosial adalah sifat siswa untuk menaggapi orang lain dengan cara yang berbeda-beda, contohnya seperti melakukan kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok, mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan sendiri. Prilaku sosial siswa dipengaruhi oleh bebrapa faktor diantaranya dari dalam diri dan faktor dari lingkungan luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi guru terhadap prilaku sosial siswa di SMA Budi Dharma Dumai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/siswi di SMA Budi Dharma Dumai.data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner. Kemudian data dianalisis menggunakan analisi regresi dengan bantuan SPSS21. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara bersama-sama Kompetensi Kepribadian guru dan kompetensi sosial guru terhadap perilaku sosial sisawa di SMA Budi Darma Dumai berpengaruh sebesar 81,6% dan sebesar 19,4% dipengaruhi prilaku social siswa dipengaruhi oleh faktor lain.