Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts Nurul Islam Kota Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/wib.v3i1.275Kata Kunci:
Supervisi kepala sekolah, motivasi kerja, kinerja guruAbstrak
kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai guru dalam suatu organisasi (sekolah), sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya dalam mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral maupun etika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah Madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di MTS Nurul Islam Kota Dumai. Metode penlitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Nurul Islam dengan jumlah 38 orang,karena populasi sangat sedikit sehingga tidak dilakukan pengambilan sampel.Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 38 orang Guru. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi kepala madrasah,motivasi kerja secara bersama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru.secara persial supervisi kepala madrasah memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru,berbeda dengan motivasi kerja yang tidak memberikan kontribusi yang signifikan.