Kode Etik Guru Profesional Dalam Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan

Penulis

  • Herni Hartati Institut Agama Tafqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/taz.v3i2.289

Kata Kunci:

Kode etik, guru profesional, mutu pendidikan

Abstrak

Kita ketahui bahwa seorang guru yang profesional harus berpegang teguh kepada kode etik profesi. guru sebagai pengemban profesi yang membawa kewajiban-kewajiban tertentu. jika kewajiban-kewajiban ini diabaikan, maka anggota profesi (guru) yang lalai ini oleh teman – teman sejawatnya dan oleh masyarakat umum akan dipandang melanggar etika profesi. sebagai seorang pendidik, guru bukan hanya dituntut mentrasferkan ilmu yang dimilikinya kepada anak didik tetapi juga dapat membentuk manusia-manusia yang bermoral, berakhlak mulia dan berperilaku baik didalam hidup dan kehidupannya.penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai kode etik profesionalisme dalam konteks peningkatan mutu pendidikan. penelitian ini  merupakan penelitian kepustakaan dengan metode kualitatif, data diperoleh melalui jurnal dan buku-buku yang relevan dengan penelitian. hasil penelitian menunjukkan keberhasilan pendidikan sebagian besar ditentukan oleh mutu profesionalisme seorang guru dengan memahami kode etik guru, tentunya dapat menciptakan guru yang professional

Diterbitkan

2023-02-12

Terbitan

Bagian

Articles