Pengaruh Kompetensi Guru Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Smas Budi Dharma Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v2i2.238Keywords:
Kompetensi guru, perhatian orang tua, kedisiplinan siswaAbstract
Kedisiplinan memiliki peran penting dalam keberhasilan siswa pada proses pembelajaran, oleh karena itu maka dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan perhatian orang tua terhadap kedisiplinan siswa di SMAS Budi Dharma Kota Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan Populasi seluruh siswa SMAS Budi Dharma Dumai, yang berjumlah 168 orang dan sampel penelitian sebanyak 118 responden, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Data diolah menggunakan analisis regresi berganda bantuan SPSS 21. Hasil Penelitian menemukan bahwa kompetensi guru dan perhatian orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa di SMAS Budi Dharma Kota Dumai dengan model regresi Y = 12,652 + 0,372 X1 + 0,477 X2. Kompetensi guru dan perhatian orang tua berkontribusi sebesar 67,5% terhadap kedisiplinan siswa di SMAS Budi Dharma, dimana 32,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan demikian untuk menciptakan kedisiplinan siswa yang tinggi di SMAS Budi Dharma, maka faktor kompetensi guru dan perhatian orang tua perlu ditingkatkan
References
Asmani, Jamal Ma’mum. 2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Yogyakarta : DIVA Press.
Dakhi, Agustin Sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta : Deepublish ( CV Budi Utama).
Daradjat, Zakiah., dkk. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara
Depdikbud. 1995. PPKn SMU Kelas 2. Jakarta : Balai Pustaka.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Indrawan, Irjus., dkk. 2019. Guru Sebagai Agen Perubahan. Jawa Tengah : Lakeisha.
Kajianpustaka.com/2015/12/perhatian-orang-tua.html.
Mukhid Abd, dan Mosleh Habibullah. 2020. Profesionalisme Guru PPL Dan Kompetensinya. Pamekasan : Duta Media Publishing.
Suradi. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah”. (BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol. 2.
Susanto, Ahmad. 2018. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi dan Implementasinya. Depok : Kencana.