Pengaruh Bimbingan Konseling Dan Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/taz.v2i2.235Keywords:
Bimbingan konseling, pemberian hukuman, disiplin belajar siswaAbstract
Disiplin merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sikap disiplin siswa diantaranya yaitu layanan bimbingan konseling dan pemberian hukuman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Konseling dan Pemberian Hukuman terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 184 responden. Analisis data menggunakan Analisis deskriptif dan Regresi Linear Berganda dengan bantuan Sofware SPSS 21 Windows 7. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bimbingan konseling, pemberian hukuman secara bersama sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa di kelas X SMK Negeri 1 Kota Dumai dengan kontribusi sebesar 14,5%. Secara parsial Pemberian Hukuman memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap disiplin belajar, dan bimbingan konseling memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap disiplin belajar Siswa di kelas X SMK Negeri 1 Kota Dumai
References
Amalia, N. F., Daulay, M., & Lubis, I. (2019). Analisis Daya Saing Dan Faktor Penentu Volume Ekspor Komoditas Kopi Di Indonesia. Kultura, 20(1), 97–110.
Belajar, P. M., & Dan, L. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.
Harahap, E. S., & Armayanti, N. (2020). Jurnal administrasi dan perkantoran modern. 2, 19–25.
Maulida, N., Mirawati, M., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 47–51. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2017
Pendidikan, S. (2019). Pengaruh pemberian hukuman terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 5 tapung.
Sari, P. I. (2021). FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) BENGKULU.
Smith, M. Bin. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 8(1), 22–32.
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., Sultan, N., & Riau, S. K. (2021). Pengaruh pemberian hukuman terhadap disiplin siswa jurusan akuntansi di sekolah menengah kejuruan kansai pekanbaru.