Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Profit Sharing Terhadap Keputusan Nasabah Asuransi Syariah di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai

Authors

  • Restu Herlina Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtu.v1i2.96

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Profit Sharing, Keputusan Nasabah Asuransi Syariah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh kualitas pelayanan dan Profit sharing  terhadap Keputusan Nasabah asuransi syariah. Uji coba instrument penelitian bertempat di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah asuransi syariah dari tahun 2020 berjumlah 325 Nasabah. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel adalah 179 nasabah. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 179 nasabah. Penguji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan profit sharing terhadap keputusan nasabah asuransi syariah model regresi Y=7,855+0,204 (X1)+ 0,688 (X2) Dari model di atas dapat dijelaskan bahwa keputusan nasabah asuransi syariah ditentukan oleh kualitas pelayanan dan profit sharing. Untuk variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif 20,4% dan nilai sig 0,001 < 0,05, maka signifikan terhadap  variabel keputusan nasabah asuransi syariah. Dan profit sharing memberikan pengaruh positif 68,8% dan nilai sig 0,000 > 0,05 maka signifikan terhadap  variabel keputusan nasabah asuransi syariah. bahwa kontribusi Kualitas Pelayanan dan Profit Sharing terhadap Keputusan nasabah asuransi syariah adalah sebesar 62,3% dan 37,7% dipengaruhi oleh faktor lainya diluar Kualitas Pelayanan dan Profit Sharing .

Downloads

Published

2021-12-24