Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan pada PT. Daya Kobelco Construction Machinery Melalui Promosi Produk Perspektif Ekonomi Syariah

Authors

  • Mhd. Ali Sadikin UIN Suska Riau
  • Rhani Septarini Mukti UIN Suska Riau
  • Husni Thamrin UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtu.v1i2.93

Keywords:

Promosi, Loyalitas, Ekonomi Syariah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perusahaan telah memberikan promosi akan tetapi pelanggan mengalami penurunan dari setiap tahunnya, dimana seharusnya kebijakan penetapan promosi dalam perusahaan adalah untuk menarik konsumen dan mempertahankan kepercayaan konsumen yang telah bekerjasama kepada perusahaan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan promosi produk dalam meningkatkan pelanggan pada PT.Daya Kobelco Construction Machinery sudah baik terlihat dari hasil persentse rekapitulasi acto yaitu 76,11%. Adapun actor pendukung PT.Daya Kobelco Construction Machinery yaitu melakukan gathering untuk mempromosikan produk baru dan menjalin hubungan kepada konsumen dan actor penghambat PT.Daya Kobelco Construction Machinery yaitu banyak perusahaan pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah. Dalam pandangan Islam, pelaksanaan promosi yang dilakukan PT.Daya Kobelco Construction Machinery belum sepenuhnya dilakukan sesuai syariat islam yaitu terlihat pada promosi produknya tidak dijelaskan secara rinci sehingga masih ada kualitas yang kurang bagus diminati konsumen.

Downloads

Published

2021-12-23