Pengaruh Keaktifan dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa di MTs Negeri 5 Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtu.v1i1.86Keywords:
Keaktifan, Minat Baca, Hasil Belajar SKIAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa keaktifan siswa dalam belajar dan minat membaca siswa dapat mempengaruhi hasil belajar SKI siswa. Menumbuhkan keaktifan dan minat baca itu sangat penting. Sehingga keaktifan dan minat baca saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh keaktifan dan minat baca terhadap hasil belajar SKI siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 69 siswa kelas VIII dan data sekunder yaitu nilai hasil belajar SKI yang diperoleh dari dokumen guru pelajaran SKI kelas VIII dengan menggunakan analisis sederhana dan berganda, dengan menggunakan Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keaktifan dan minat baca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Negeri 5 Bengkalis sebesar 66,3% terhadap hasil belajar SKI siswa, dan 33,7% dipengaruhi variabel lain diluar keaktifan dan minat baca yang memberikan kontribusi terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Negeri 5 Bengkalis.