Pengaruh Literasi Keuangan Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Authors

  • Pipin Nur Israyana Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtf.v2i2.326

Keywords:

Literasi keuangan, media sosial, perilaku konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel literasi keuangan dan media sosial terhadap perilaku konsumtif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai dengan populasi sebesar 407 mahasiswa dan jumlah sampel yang didapatkan yakni sebanyak 105 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dan positif dari variabel literasi keuangan dan media sosial secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Yakni sebesar 25,3% dan 74,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Downloads

Published

2024-07-10