Pengaruh Online Customer Review ( OCR ) Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery Terhadap Minat Beli Mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai Di Elektronic Marketplace Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v2i2.321Keywords:
Online customer review, sistem pembayaran cash on delivery, dan minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan sistem pembayaran COD (Cash On Delivery) terhadap minat beli produk secara online di e-marketplace Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuisioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai dengan populasi sebesar 407 mahasiswa dan jumlah sampel yang didapatkan yaitu sebanyak 107 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21.0. Hasil penelititan menemukan bahwa Online Customer Review dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli mahasiswa IAITF Dumai. Dengan pengaruh sebesar 55,4% dan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya.