Literasi Pendidikan Karakter Yunani Kuno
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v2i1.267Keywords:
Athena, karakter, sparta, yunaniAbstract
Perkembangan pendidikan karakter semakin berkembang, dan role model pendidikan karakter masa yunani hingga kini banyak diadopsi oleh beberapa negara di dunia, hal ini menandakan peradaban yunani kuno memang masih menjadi salah satu acuan dalam pengembangan pendidikan karakter. Pada tulisan ini penulis mencoba menjelaskan secara histori perkembangan kebudayaan dan nilai pendidikan karakter pada masa yunani kuno. Perkembangan nilai pendidikan karakter Yunani kuno banyak dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran tokoh filsafat yang berpengaruh pada masanya. Seperti pemikiran Socrates, Plato, Aristotales dan Epicurus yang memberikan warna terhadap sejarah pendidikan karakter pada masa Yunani kuno. Dalam sejarahnya para filsusuf Yunani menyebarkan pemikirannya melalui pendikan dimana mereka memiliki pengikut atau murid untuk melanjutkan pemikiranny kemudian role model pendidikan Yunani kuno juga diawali dari lembaga pendidikan yang didirikan oleh filusuf tersebut seperti Plato yang mendirikan lembaga pendidikan Academica di tengah hutan Athena. Hingga akhirnya karakter pendidikan Yunani berdasarkan kepada nilai dan kebajikan terhadap kebudayaan, sosial dan seni. Penelitian ini mencoba untuk melihat karakter pendidikan yang diajarkan oleh peradaban Yunani kuno dimana peradaban Yunani kuno berperan penting sebagai role model peradaban dunia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dianalsisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa pendidikan di berbagai belahan dunia masih menggunakan sistem pendidikan karakter yang dijalankan oleh peradaban Yunani kuno termasuk di Indonesia. Beberapa metode kurikulum pendidikan yang dijalankan di pendidikan Indonesia pernah menggunakan pendidikan karakter Yunani kuno