Implementasi Pendidikan Dan Strategi Moderasi Beragama Sebagai Upaya Deradikalisasi Di Lingkungan Institut Agama Islam Dumai
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i4.252Keywords:
Implementasi, strategi, pendidikan moderasi, deradikalisasiAbstract
Penelitian ini membahas terkait peranan penting Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin sebagai upaya diera radikalisasi. Radikalisasi terus berkembang seiring dengan tranformasi kota Dumai menjadi pusat industri. Kota dumai yang sangat sibuk dengan jalur perbatasan sumatra dan perairan laut dengan selat Malaka menjadikan kota Dumai sebagai sasaran pendatang dari luar kota yang menyebabkan tingginya tingkat heterogenitas kesukuan maupun keagamaan. Semakin berkembangnya radikalisasi memicu kekhawatiran dan keresahan masyarakat setempat. Untuk merespon dinamika yang terjadi kampus Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai merekontruksikan strategi yang ideal dalam menangkal benih-benih paham radikal. Metode yang digunakan dalam artikel ini file research melakukan observasi dan wawancara serta telaah litertur yang berkolerasi dengan topik tulisan. Asumsi yang dibangun pada penelitian ini bagaimana strategi Implementasi pendidikan moderasi beragama di kampus mampu di implementasikan dengan baik, diharapkan dengan upaya deradikalisasi pada mahasiswa dapat mempersempit penyebaran radikalisasi di Instusi perguruan tinggi. Strategi pendidikan moderasi yang dilaksanakan baik dalam bentuk pendidikan dan pelatihan di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai sejauh ini mampu memberikan pemahaman yang baik bagaimana beragama secara ideal dan moderat