Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Pembelajaran Pai Terhadap Pembelajaran Tahfiz Di Sdn 013 Basilam Baru Kota Dumai

Authors

  • siti masruroh Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Rasyidi Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

DOI:

https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.204

Keywords:

Dukungan Orang Tua, Pembelajaran PAI, Pembelajaran Tahfiz

Abstract

Al-Qur’an ialah lafal dalam bahasa arab yang mengandung kemukzizatan, membacanya bernilai ibadah. Jika diperhatikan pada zaman era globalisasi pada saat ini anak atau siswa sudah banyak berpengaruh dan larut dengan alat elektronik yang serba canggih. Kebanyakan menggunakan, sehingga membuat lalai dan lupa akan kewajiban kita dalam mengerjakan ibadah khususnya membaca al-Qur’an. Dukungan orang tua dan Pembelejaran PAI sangat di perlukan seorang individu dalam kehidupan sosial maupun perkembangan diri. Kestabilan emosi sangat berperan dalam membantu individu menjalani kehidupan sosial sehingga membangun kestabilan emosi menjadi hal yang sangat penting. Membaca al-Quran dapat memberikan pengaruh terhadap kestabilan emosi seseorang. Sehingga dalam beraktifitas keseharian seseorang terhindar dari hal-hal yang negatif atau sikap yang membuat lalai dalam meraih kesuksesan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Bagaimanakah pengaruh dukungan orang tua dan  pembelajaran PAI terhadap pembelajaran tahfiz  di SDN 013 Basilam Baru Dumai. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket  kepada 26 siswa yang mengikuti tahfiz kelas 4,5,6. Data dianalisis menggunakan analisis regresi dengan bantuan Software SPSS 21,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua dan pembelajaran PAI memberikan kontribusi terhadap pembelajaran Tahfiz. Berdasarkan analisis regresi berganda bahwa pengaruh dukungan orang tua (X1) dan pembelajaran PAI (X2) terhadap pembelajaran tahfiz (Y) adalah sebesar 82.5% dan sisanya 17,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan oleh penelitian ini.

Downloads

Published

2022-08-05