PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 3 TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.192Keywords:
Perhatian, Orang Tua, Kompetensi Profesional, Guru, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Pengaruh Perhatian orang tua dan Kompetensi profesional guru terhadap Hasil belajarSiswa di SMKN 3 Tanah putih, Rokan hilir. Perhatian orang tua adalah minat orang tua dalam mendidik anak-anaknya sebagai aset penting bagi orang tuanya.Selain dari perhatian orang tua, Guru juga memegang peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena guru merupakan orang yang pertama yang bertugas membimbing, mengajar, melatih anak didik disekolah untuk mencapai kedewasaan.
Selain tugas utama diatas guru juga harus mampu memotivasi, mempengaruhi, mengguguh dan mengubah peserta didik kearah yang lebih baik. Peserta didik dikatakan berhasil dalam belajar apabila siswa mencapai tujuan pelajaran dalam dunia pendidikan. Hasil belajar berkaitan dengan perubahan-perubahan pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajarSiswa di SMKN 3 Tanah putih,Rokan hilir. Hasil pengolahan dan penelitian diperoleh regresi linier yaitu Y = 60,515 + 0,183 Perhatian orang tua + 0,078 Kompetensi Profesional guru.
Hasil penelitian menunjukan bahwa koefesien determinasi memiliki R Square 0,819ini berarti bahwa kontribusi Perhatian orang tua dan Kompetensi Profesional guru terhadap Hasil belajar adalah sebesar 81,9% dan hanya 18,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar Perhatian orang tua dan Kompetensi Profesional guru.Secara persial berdasarkan hasil uji t variabel Perhatian orang tua (X1) sebesar 0,261 dan bernilai positif, dengan nilai signifikan 0,000< 0,005 berarti varibel Perhatian orang tua memberikankontribusi yang positif dansignifikanterhadapHasil belajarsiswa. Koefisien Kompetensi Profesional guru (X2) sebesar 0.261 dan bernilai positif; dengan nilai signifikan sebesar 0,000< 0,005 berarti variable Kompetensi Profesional guru memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa.