PENGARUH KETELADANAN GURU DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMAN 7 GURUN PANJANG DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.187Keywords:
Keteladanan Guru, Interaksi Teman Sebaya, kedisiplinan siswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMAN 7 Gurun Panjang Dumai. Populasi dalam penelitia ini adalah seluruh siswa di SMAN 7 Gurun Panjang Dumai dengan jumlah 154 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel adalah 111 siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 111 siswa. Penguji prasyarat meliputi uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pengaruh Keteladanan Guru dan Interkasi Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa dengan persentase 43% dan sisanya 57% dipengaruhi faktor lain